SELAMAT DATANG DI BAGAS WEBSITE, FIAN CELL PACARKELING SURABAYA, DILARANG COPY ISI BLOG INI KE BLOG LAIN, TINGGALKAN KOMENTAR, KRITIK DAN SARAN cara menggunakan bor listrik yang benar | Bagas website fian cell pacarkeling surabaya Bagas website fian cell pacarkeling surabaya: cara menggunakan bor listrik yang benar

Translate

  FIAN CELL SURABAYA

TERIMA REPARASI HANDPHONE, TABLET, IPAD & KOMPUTER


TERIMA REPARASI MESIN FOTOCOPY KYOCERA & CANON

Monday, 9 May 2016

cara menggunakan bor listrik yang benar

Pada perjumpaan kali ini, saya akan membagikan satu lagi tips dan trik yang tidak kalah menariknya, yaitu tentang cara menggunakan bor listrik yang benar, pada saat kita ingin membuat lubang biasanya untuk memasukan baut dynabolt atau fisher ke dalam tembok, kayu atau besi, kita pasti memerlukan sebuah alat untuk membuat lubang tersebut, alat itu dikenal dengan nama bor listrik. Para tukang dan orang yang biasa bekerja di bidang teknik bangunan maupun orang yang bekerja di parabola misalnya pasti sangat mengenal alat yang satu ini, karena alat ini tidak pernah lepas dari kehidupan sehari hari mereka. Seperti saya dulu waktu masih bekerja di bagian pemasangan parabola, itu bor pasti saya bawa di dalam tas, dan yang paling disalahkan karena bikin tas jadi berat ya bor itu, karena memang hampir seluruh bahannya terbuat dari besi atau baja. kalau bahannya dari plastik, pasti udah pada lepas komponen bor listriknya, hehehe....

Cara penggunaan bor ini kelihatannya sepele, tapi jangan salah, ternyata banyak orang yang belum bisa menggunakannya. Jadi setelah lama menggunakan dan tidak kunjung berhasil banyak dari mereka yang menyalahkan bornya dan bilang bornya rusak, mata bornya kurang keras, temboknya terlalu keras, ada juga yang bilang tangannya gemetaran jadi tidak stabil pegang bornya karena belum makan seharian...Lho apa hubungannya?? hehehe, dan yang lebih ekstrem lagi dia bilang, ini rumah dan temboknya ada penunggunya makanya bor tidak bisa tembus..lho kan memang ada penunggunya?? itu yang punya rumah, dari tadi mereka pelototin yang ngebor sambil nyeletuk ini orang goyang ngebor dari tadi belum selesai ya?? hahaha.. dan yang paling lucu ini teman saya namanya fadli, waktu mau pasang parabola di rumah orang kebetulan cewek cantik, waktu itu si fadli pegang bor tapi dia gemetaran, wajah merah tegang dan grogi, serta pandangan turun kebawah mungkin pikiran sedikit mesum dan tidak terasa bor yang dia pegang mengarah ke si cewek lalu dia tanya ke si cewek begini..mbak..mana yang mau di bor??? hahaha..seketika itu juga saya yang berada di depan dia ketawa kencang, bisa dibayangkan seharusnya dia tanya..mbak mau dipasang dimana parabolanya?? tapi dia jadi salah tanya gara gara tidak bisa kontrol tegangan hehehe..jadi itulah macam kesalahan yang banyak dilakukan orang ketika mereka tidak tahu cara menggunakan bor yang benar.

cara menggunakan bor listrik yang benar

Baiklah..langsung saja saya berbagi pengetahuan saya waktu saya sering menggunakan bor dan banyak orang yang memberitahu saya caranya sehingga apa yang saya bor selalu sesuai keinginan saya. Pertama kita siapkan bor, mata bor, kunci untuk lepas dan kencangkan mata bor, palu dan paku untuk menandai atau membuat lubang kecil dulu agar bor tepat pada titik yang dimaksud lalu spidol untuk memberi tanda pada titik sebelum kita membuat lubang kecil tadi dan tentunya listrik pln harus ada tapi jangan nyolong listrik tetangga ya..? hehehe..tahu kenapa? gara gara nyolong listrik jadi lupa kalau punya listrik sendiri akhirnya jadi lupa bayar tagihan listrik kalau tidak bayar ya dicopot meteran listriknya sama pln hehehe..

Pada bor biasanya ada empat tombol, yaitu tombol untuk mengubah arah putaran mata bor misal kalo tombol digeser kekiri maka putaran mata bor kearah kiri biasanya digunakan untuk melepas baut atau mengeluarkan mata bor yang masuk kedalam media yang di bor dan tidak untuk mengecangkan baut atau menembus media, sebaliknya jika digeser kanan maka mata bor bergerak ke kanan berguna untuk menembus media yang di bor atau mengencangkan baut. Lalu ada tombol bergambar palu dan mata bor, untuk gambar palu biasanya digunakan untuk mengebor beton dan bila kita perhatikan mata bornya terlihat bahwa mata bor bergerak maju mundur secara otomatis seperti cara kerja palu agar bisa kuat dan mudah menembus beton dan yang bergambar mata bor biasanya berguna untuk menembus kayu, besi dan media sejenisnya. Yang ketiga ialah tombol pelatuk untuk menjalankan bor tersebut. Dan yang terakhir ialah tombol pengunci pelatuk berfungsi agar bor tidak bisa dijalankan walaupun kabel bor masih menancap di lubang atau colokan listrik.

Sebelum mengebor kita harus tahu media apa yang akan dibor karena setiap media punya mata bor sendiri untuk menembusnya. Misal jika yang kita bor kayu maka gunakan mata bor untuk kayu, jika besi maka gunakan yang besi dan jika beton atau tembok gunakan yang untuk beton. Demikian pula untuk membuat lubang untuk memasukan fisher atau dynabolt khususnya untuk ke tembok yang sedikit rapuh kita harus tahu berapa ukuran mata bor yang harus digunakan karena kalau lubang lebih besar dari dynabolt maka ketika kita mengencangkan baut dynabolt tersebut, dynabolt tidak akan terkunci rapat ke dalam tembok dan ketika ditarik dengan tangan biasa maka dynabolt tersebut dengan mudah akan keluar dari tembok. Sebaliknya untuk fisher, jika lubang lebih kecil dari fisher maka ketika baut fisher dikencangkan biasanya tembok akan retak karena terdorong oleh fisher dan bautnya.

cara menggunakan bor listrik yang benar

Setelah kita tahu apa saja yang diperlukan, terlebih dahulu kendurkan pengunci mata bor yang berada di ujung depan bor dan masukan bagian belakang mata bor kedalamnya lalu kunci dan rapatkan kembali. Ambil benda yang akan di tempel di media yang akan dibor, beri tanda memakai spidol pada tembok tepat pada lubang di kaki atau badan benda yang akan ditempelkan tadi. Ambil palu dan paku lalu buat lubang kecil tepat pada tanda spidol tadi. Jangan lupa geser tombol pengubah arah mata bor ke arah kanan agar mata bor bergerak ke kanan ketika dijalankan. Arahkan mata bor kelubang tadi dan bila tangan kanan kita memegang pelatuk maka taruh tangan kiri kita ke belakang badan bor yang fungsinya untuk membantu mendorong bor kedepan saat proses mengebor terutama untuk media yang keras. Pertama kita tekan pelatuknya sebentar lalu lepas dan lakukan berulang ulang sampai mata bor sedikit masuk kedalam media. Jika sudah benar benar sedikit masuk dan mata bor tidak mudah melenceng dari tembok maka tekan dan tahan pelatuk hingga mata bor masuk sesuai kedalaman yang kita inginkan. Jika sudah, geser tombol pengubah arah ke kiri dan jalankan bor, untuk mengeluarkan mata bor dari media atau tanpa menggeser dulu tombol pengubah arah.

Itu saja yang bisa saya sampaikan, kalau ada kekurangan mohon teman teman bisa melengkapinya. Ini hanya sekadar sharing dan tidak bermaksud untuk menggurui atau sok pintar, harap dimaklumi. Bagi yang mengerti dan memakluminya saya ucapkan terima kasih, bagi yang tidak..nyemplung aja kelaut kan udah dibilangin harap maklum kok masih nggak ngerti hehehe... Mohon ketik komentar kritik dan saran tapi tetap yang sopan dan ramah yaa?? Sampai jumpa.

cara menggunakan bor listrik yang benar

2 comments:

  1. makasih untuk info penggunaan bor listriknya, sangat bermanfaat!

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama sama, senang bisa membantu, jangan bosan berkunjung

      Delete

fixedbanner
fixedbanner2