SELAMAT DATANG DI BAGAS WEBSITE, FIAN CELL PACARKELING SURABAYA, DILARANG COPY ISI BLOG INI KE BLOG LAIN, TINGGALKAN KOMENTAR, KRITIK DAN SARAN Cara mencetak ulang kaki ic(integrated circuit) dengan berbagai cara | Bagas website fian cell pacarkeling surabaya Bagas website fian cell pacarkeling surabaya: Cara mencetak ulang kaki ic(integrated circuit) dengan berbagai cara

Translate

  FIAN CELL SURABAYA

TERIMA REPARASI HANDPHONE, TABLET, IPAD & KOMPUTER


TERIMA REPARASI MESIN FOTOCOPY KYOCERA & CANON

Friday, 20 March 2015

Cara mencetak ulang kaki ic(integrated circuit) dengan berbagai cara

Ok sobat kali ini saya akan share pengetahuan saya dalam mencetak kaki ic, terkadang dalam pemasangan ic kita harus mencabut ulang ic tesebut dikarenakan ic yang dipasang tidak cocok, rusak atau sebab yang lain, tidak seperti kalau kita beli dari toko yang kaki ic sudah tercetak, untuk itu diperlukan pembuatan kaki ic yang baru agar timah pada ic menempel pada timah di mainboard. Namun dalam proses ini dibutuhkan kehati hatian dan keuletan karena disamping media yang dikerjakan sangat kecil juga jarak antara kaki sangatlah rapat sehingga kesalahan kecil bisa berakibat tersambungnya kaki satu dengan yang lain yang seharusnya tidak boleh tersambung akibatnya ic menjadi konslet, serta kaki ic bisa juga lepas dari badan ic karena salah dalam penggunaan solder. Untuk itu disarankan untuk mengikuti langkah cara mencetak ulang kaki ic(integrated circuit) dengan berbagai cara dibawah dengan benar, ok langsung saja kita meluncur kebawah.

1. Pertama beri flux secukupnya pada kaki kaki ic dan ratakan, hingga semua kaki ic terolesi flux.

2. Dengan solder ratakan kaki kaki ic secara perlahan dan hati hati, usahakan memakai solder yg bagus dan panas sekali, agar kaki tidak tercabut dari badan ic. Usahakan ujung solder tidak terlalu menempel pada kaki ic. Untuk penambahan timah pada kaki cukup tempelkan timah pada solder dan ujung solder tidak sampai menempel pada kaki ic dan gerakan solder sampai semua kaki terkena timah.

3. Setelah timah pada kaki ic rata, bersihkan kaki ic dari flux, ambil pelat cetak bga (bisa pakai yg universal), ambil isolasi kertas secukupnya dan tempelkan pada badan atas ic yg tidak ada kakinya, kemudian masukan kaki ic pada lubang pelat cetak lalu lihat pada balik pelat cetak apakah kaki sudah benar benar pas masuk ke lubang pelat, jika pas, tempelkan isolasi ic ke pelat agar ic tidak bergerak ketika dipanasi.

4. Ambil timah pasta cair kemudian oleskan dengan cutter dari samping pelat pelan pelan pada lubang pelat dimana kaki ic berada, usahakan saat mengolesi jangan terlalu menekan kebawah agar tidak kebanyakan sehingga kaki ic tidak bergandengan. Setelah semua lubang tertutup timah cair ambil cutter kemudian bersihkan sisa timah sampai rata, lalu ratakan lagi dengan jari.

5. Ambil blower lalu panasi ic pada pelat dimana kaki ic terlihat, tunggu sampai semua kaki ic terlihat mengkilat yg berarti timah sudah menempel pada kaki ic.

6. Jika sudah, diamkan ic sampai dingin kemudian oles kaki dan pelat dengan tinner atau minyak pembersih sampai rata, ambil sikat gigi lalu gosok pelan pelan kaki ic. Beri tinner pada isolasi, lalu cabut isolasi pelan pelan, lalu sambil kaki ic digosok dengan sikat, cabut pula ic pelan pelan. Cara mencabut ic dari pelat bisa juga dengan mengangkat sedikit pelat dengan ic yg masih menempel, lalu dipanasi pada kaki ic sampai timah meleleh dan ic jatuh dengan sendirinya, jangan lupa cabut isolasi lebih dahulu.

Sudah dicoba 100% ok!!

Ikuti perkembangan website ini atau via email ke rikiarfian@yahoo.com, akan ada tips trik menarik lainnya.

Terima kasih telah berkunjung..!


Cara mencetak ulang kaki ic

Mohon tinggalkan komentar!!

3 comments:

fixedbanner
fixedbanner2